Friday 24 June 2016

Aplikasi Chatting Smartphone Ke Komputer dan Sebaliknya Tanpa menggunakan Internet

      Sudah terlalu banyaknya aplikasi yang bisa digunakan untuk chatting seperti whattsapp , Line , BBM, dll. Tetapi semua aplikasi tersebut harus  menggunakan  layanan internet yang jika digunakan hanya dalam sebuah jaringan lokal sangat pemborosan sekali. Tetapi jika tidak menggunakan internet akan menghemat biaya pengeluaran,karena  hanya bermodalkan jaringan WIFI tanpa internet. Wifi ini gunanya untuk menghubungkan antara pengguna smarphone dan Jaringan lokal Milik perusahaan misalnya. Aplikasi ini cocok untuk dijadikan sebagai informasi pekerjaan misalnya, komplain dan lain-lain.

    Hanya ingin berbagi ilmu saat ini aplikasi yang saya gunakan adalah    Softros  LAN Messenger
apliksi ini sangat mudah digunakan, kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini di Gadget dan PC/Laptop, kemudian hubungkan dengan jaringan local Gadget ke WIFI dan komputer ke LAN misalnya. Maka otomatis akan terlihat di online user di aplikasi tersebut.

Online and Offline User
      Gambar diatas adalah tampilan user yang aktif dan tidak aktif , yang Online berwarna hijau dan yang Offline berwarna Merah. untuk membedakan yang mana PC dan yang mana Gadget jadi saya beri tambahan di tanda kurung Gadget dan PC. Tetapi jika User yang aktif tidak muncul di list tersebut kamu harus memastikan bahwa pengaturan  IP yang di gunakan Di router mengatur ip yang sama antara LAN dan WIFI. Misalnya ip Gadget 192.168.1.234 dan PC 192.168.3.67 Jika pembagian ipnya seperti itu maka list user tidak akan muncul. Maka yang harus kamu lakukan adalah mengatur Broadcast di aplikasi Softrostnya yang ada diGadget dan PC. Broadcast ip adalah IP terakhir dalam satu network IP Misal ip address 192.168.1.0 disebut Network dan 192.168.1.255 disebut broadcast. jadi yang kita tambahkan di aplikasi tersebut adalah 192.168.1.255.

 Setting Broadcast IP di Softros PC
      Buka aplikasi Softros, kemudian pilih setting >> Pilih tab netwotk akan terlihat tampilan berikut:

Set Broadcast IP
      Pilih add untuk menambahkan broadcast IP >> kemudian pilih Single IP/Broadcast address >> Masukkan broadcast IP Kamu misal 192.168.4.255 seperti gambar berikut :
Broadcast IP network 192.168.4.0
   Kemudaian klik add >> Ok.

 Setting Broadcast IP di Softros di Gadget
       Buka aplikasi Softros yang sudah diinstall di Gadget >> Pilih Menu >>Setting>> Network >> Add >> Pilih single IP/Broadcast address>> Masukkan Broadcast addressnya misal 192.168.3.255 atau bisa lihat gambar berikut:
    

Pilihan Menu



Pilihan Setting



Pilihan Network

Add Broadcast address


 Setelah selesai settinga:n di atas maka akan Tampil List user yang terkoneksi ke jaringan local kamu. Seperti yang terlihat di Gambar

List User Di Gadget

Setelah konfigurasi diatas selesai, kamu sudah bisa melakukan chatting dan Transfer file ke pengguna softros lainnya. 

Download aplikasi Softros Untuk PC 
 Softros LAN Messenger



 Written by :

Mahmud Hasanudin

0 Mohon Komentar Anda:

Post a Comment