Thursday 14 July 2016

Cara merubah IP Public mejadi Hostname DDNS.net

      Apa itu IP PUBLIC? IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet. Jika diibaratkan, IP Public itu telepon rumah atau nomor HandPhone yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang.  Alamat-alamat ini ditetapkan oleh InterNIC dan terdiri dari beberapa buah network identifier yang dijamin unik (tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika jaringan tersebut telah terhubung ke Internet. InterNIC  adalah sebuah Organisasi Independen yang bertanggung jawab terhadap pendaftaran dan dan jalannya dari domain internet umum seperti .com , .org dan lain-lain.

   Cara membuat hostname DDNS.net tersebut anda harus mempunyai sebuah localhost, IP Public dan harus mensetting didomain yang menyediakan hostname DDNS seperti NO-IP.com . Buatlah sebuah localhost di PC Atau anda mempunyai sebuah aplikasi yang menyediakan jasa localhost ketika anda menginstallnya di Smartphone atau PC, Seperti aplikasi PAW Server yang diinstall si Smartphone yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cara Membuat Hostname di NO-IP.com 
- My Ip public  10.8.109.167 
- Buka No-Ip.com kemudian pilih SignUp dan masukkan data anda pada create my hostname later di ceklis karena akan di buat dengan ip public

SignUp
- Anda akan diminta mengKonfirmasi bahwa Email tersebut milik akun anda

- Cek Email Anda akan menerima Email aktivasi dari no-ip.com, buka Emailnya dan pilih Activate Account
- Setelah anda mengklik pilihan activate account, anda akan langsung dialihkan ke alamat no-ip.com dengan keterangan "your accoun is now activate!" , dan akan langsung login dengan username anda contoh punya saya ( mahmudhasanudin )

- Tambah hostname dengan pilih Dynamic DNS kemudian Hostname klik Add Hostname masukkan nama hostname , dan ip anda . Disini saya menambahkan 2 hostname karena localhost PAW Server saya menggunakan port 8888, jadi hostname yang saya buat ada 2 
    *1 untuk access IP Public saya beri hostname ippawservertoaccess.ddns.net
IP Public access
    *2 untuk redirect ke ippawservertoaccess.ddns.net:8888 dengan menggunakan port 8888 saya menambahkan hostname onlinekomputerpaw.ddns.net
Redirect
- Dua hostname yang saya buat sudah selesai
Hostname
- Buka Browser anda dan ketikkan alamat onlinekomputerpaw.ddns.net kemudian anda akan dialihkan ke ippawservertoaccess.ddns.net:8888
ippawservertoaccess.ddns.net:8888
   Sekian tutorial Cara merubah IP Public mejadi Hostname DDNS.net , Selamat mencoba ya !

0 Mohon Komentar Anda:

Post a Comment